Review Laptop Asus X450 JN

Akhirnya bisa nulis lagi..

Ada perangkat baru yang menemaniku melanjutkan hidup, ada sarana baru sekedar berkeluh kesah tentang hidup, ada teman baru yang menemaniku sekedar bermain.

Udah-udah langsung aja..

Jadi gini, sebulan yang lalu aku beli laptop baru ASUS X 450 JN dimangga dua seharga 9,4juta rupiah, (sampe sekarang masih ga tau itu harga kemahalan apa engga, soalnya belinya ga langsung di asusnya) Nah tulisan ini buat ngereview laptop yang aku pakai sekarang, siapa tau ada diantara kalian yang lagi cari referensi tipe laptop idaman, siapa tau review ini bisa sedikit membantu.

Penampakan, (kalau mau lebih jelas cari dimbah google aja yah..)


Langsung aja ke speknya:
  1. Prossesor Intel Core i7 4720HQ 2,6 GHz Turbo Boost 3,6Ghz
  2. Hardisk 1 Terabyte 
  3. Ram 4 gigabyte PC 12800 Single slot, Available 4 Slot. Update  Ternyata cuma 2 Slot
  4. VGA Geforce 840M
  5. Monitor IPS 1366x768
  6. Baterai 4000Mah unibody
  7. DVD Supermulti
  8. DOS
Sekarang kita bahas kelebihan dan kekurangannya ya, ini pendapat pribadi aja ya, maaf kalo ada yang salah atau kurang sesuai.

Kelebihan:
  • Prossesor cadas, 4 prossesor 8 threed, ditempat tongkronganku belum ada yang ngalahin, wuzz wuzz banget deh pokonya, cocok buat yang sering rendering data, sama buka-buka file gede, apalagi grafis, nyaman banget sama kecepatannya, apalagi main game, semuanya bisa berjalan mulus. Tapi harus diinget mengenai Turbo boost itu hanya bisa diaktifkan kalau aplikasi yang dijalannya hanya memakai single core. dengan kecepatan 2,6 Ghz aja menurutku sudah lebih dari pada cukup. Update lebih baik diinstal windows 10 64bit karna clock speednya selalu dipacu maksimal dan punyaku selalu berjalan di 3.59GHz
  • Hardisk lega banget, cocok buat kolektor film sepertiku, dan buat kamu yang suka nginstal game-game berukuran jumbo, ga usah khawatir dijamin cukup. Update Jangan terlalu sering didefrag lakukan secara berkala tapi sesuai kebutuhan. Soalnya dibeberapa kasus sering terjadi badsector.
  • Ngerip DVD jadi mp4 aja cuma butuh waktu 9 menit. Update Setelah update ram jadi 8Gb waktu yg dibutuhkan cuma 7 menit.
  • Ram ga bisa dimasukin dikelebihan ini laptop ya.. nanti dibahas dibawah.
  • VGA entry level yang ciamik, sejauh ini belum diuji sacara maksimal, tapi beberapa game mainstream seperti farcry, whatchdog, sleepingdog, battlefield, crysis, metar gear solid v, fifa 14, sniper elite 3. semuanya bisa berjalan lancar dengan setting high, bererapa dari game itu malah bisa sampai settingan ultra. Aku masih mau coba lagi paling tidak sampai game kesukaanku bisa diinstal dan dijalankan dengan mulus disini, Fifa 16 dan Mad Max (kalau ke2 game ini lancar dimaenin tar diupdate lagi tulisannya) Update Fifa16 bahkan Fifa17 lancar jaya setting High, MadMax lanjay setting Medium dapet 45-55fps lumayan deh kalo untuk gamer yang tidak terlalu mementingkan kualitas grafis.
  • Monitornya cukup nyaman dilihat dari berbagai sisi, layarnya jernih, resolusinya standart jadi buat aku pas, soalnya cuma biasa nonton film yang kualitasnya 720p aja. 
  • Sudah support direct 11.2 atau direct 12.
  • Baterainya menurutku lumayan, bisa bertahan hingga 2,5 jam, bahkan bisa hingga 3 jam bila power saver diaktifkan dari awal. dengan catatan hanya browsing dan ngerjain tugas-tugas kantor aja yah. kalau dipakai buat maen game ya paling 1,5 jam saja. 
  • Aku instal windows 10 pro 64bit, nanti ada catatan dibawah mengenai hal ini.
  • keyboardnya nyaman dipakai untuk ngetik, gak bikin pegel tangan.
  • Ada USB 3.0 1 buah dan 2.0 2 buah.menurutku performanya ga jauh beda, USB 2.0 kalau ditancapkan ke USB 3.0 transfer ratenya bisa sampai 25 mbps, kalau USB 3.0 masuk ke situ yang aku coba bisa sampai 58mbps, umunya di 40 mbps. Update Sewaktu ngetes pake Fdnya yang jelek, setelah dites dengan Fd yang bagus ternyata memang USB 3.0 kuenceng ya.. yang jelas lebih kenceng dari USB 2.0. 
  • Design body berbalut alumunium jadinya lebih kokoh dan suhu bisa lebih stabil. dan yang paling penting, simple.
Kekurangan: 
  • kekurangan yang paling mencolok dari laptop ini adalah kapasitas ram bawannya, yang hanya 4 gb, dan sangat tidak sebanding dengan kondisi prossesor dan vganya, jadi terasa kurang maksimal, jadi kalau kamu menginginkan performa maksimal dari laptop asus x450jn ini, maka kamu harus, kudu, wajib yang namanya upgrade ram, paling tidak jadi 8 Gb. baru deh nyaman banget makenya, (pakai windows 10 pro 64bit support hingga 32 gb) Aku upgrade pakai merek corsair value select  4 Gb DDR3L PC 12800 2 keping, jadi origilanya ga dipake, soalnya Cas Latecynya beda. 9 dan 11 Clock, tentunya kencengan corsair. dapet harga 800k dilapak sebelah. Update Setelah dibongkar ternyata slot ramnya cuma 2. 
  • VGA Masih belom teruji maksimal, (maaf yah ga bisa kasih bencmarknya, aga males instal-instal yang begituan soalnya) nanti bisa kamu coba sendiri. Update Lumayan aja deh.. gak istimewa banget.
  • Menurutku bobotnya aga berat, kalau digamblok ditas trus jalan-jalan 1 jam aja di mall tuh udah mulai kerasa pegelnya dibahu.
  • Nah masalah ini juga nih yang paling penting buatku, masalah body yang berbalut aluminium tadi. jadi gini, aku itu suka ngerekam musik atau sekedar merekan suara gitar dengan perangkat komputer, aku juga bisanya pakai komputer dan ga ada masalah, tapi kalau pakai laptop masalah mulai bermunculan. dari mulai harus nyediain USB sound card karna perangkat audionya combo jadi ga bisa buat rekaman, jadinya harus pakai USB Sound, nah yang lebih parahnya, kalau misalkan ngerekam sambil powernya dicolok kelistrik itu akan timbul suara ngegerung, jadi suaranya ga bisa bersih, tapi kalau body aluminiumnya dipegang suara ngegerungnya ilang. Nah kalau ga sambil dicolok kelistrik juga masih sama ada suara ngegerungnnya tapi sedikit lebih pelan, kalau dipegang body aluminiumnya suaranya jadi jernih dan kualitas rekaman suara gitar jadi bagus, tapi apa iya harus dipegangin terus tu body, trus gimana aku main gitarnya??? damn... ini masalah serius buatku. aku tau ini cuma malah grounding aja tapi ya belum sempe diskusi sama pihak asusnya mengenai masalah ini. nanti diupdate lagi deh perkembangannya. Update Dan setelah dibawa ke 3 Asus Services Center terdekat akhirnya mereka nyerah dan masalah itu masih ada sampai sekarang. Ga tau juga deh daptop Asus keluaran baru semoga aja gak ada masalah seperti ini, karna banyakntipe laptop Asus yang punya masalah serupa.
  • Keyboarnya ga bisa nyala, cukup merepotkan kalau ngetik kondisi gelap.
  • Spledid yang windows 10 masih ga suppot, pakai yang windows 7 aja. Update Sudah tersedia di web Asusnya labgsung dan 100% support Windows 10.
  • Dipunyaku, pemasangan stiker speknya aga miring dikit. Cmiww.. Update Stikernya ngelupas dan copot sendiri gak tau kenapa jadi ga nempel lagi dan sekarang udah gak tau kemana itu stiker spek.
Catatan yang harus diingat sebelum dan sesudah kamu beli laptop ini: 
  • Perhitungkan budget, uang senilai 9,4 juta atau lebih itu tidak sedikit lho, (kecuali kamu ga bermasalah sama uang) jadi pikirin bener-bener apa yang kamu butuhin dari sebuah perangkat berjenis komputer jinjing ini.
  • Sesuaikan kebutuhan dan dana yang ada, jangan gengsi kalau pakai laptop midend ditongkrongan, juga jangan pamer kalao bawa laptop highend kalo ngumpul. berbagi itu indah. Sekarang pada mulai bawa ROG ke tongkrongan.
  • Kalau kamu berencana beli laptop tipe ini atau sudah beli, sebaiknya instal win 10 Pro 64bit yang asli yah.. soalnya aku juga pakai yang asli, biar lebih maksimal.
  • Jangan instal driver VGAnya, soalnya ga support sama windows 10 kalau pakai window 8.1 gak masalah, mendingan download manual aja drivernya cari yang terbaru. 
  • Setelah instal semua driver yang dari asus, kalau pakai windows 10 harus langsung diupdate semuanya. biar hasilnya maksimal, contoh Asus smart gesture. diwindows 10 asus smart gesture bekerja sangat baik, sampai-sampai aku sendiri udah gak pakai lagi tombol klik kiri dan kanan yang ada di touchpad, jadinya touchpadnya bisa awet. Trus Driver bluetooth diupdate biar lancar kirim dan terima datanya (udah versi 4.0 lho) pokonya driver semuanya dah.. Update Sebetulnya kalau instal Windows 10 semua driver wifi, ethernet dan bluetooh sudah terinstal otomatis dan 100% work tanpa masalah.
  • Kalau mau suhunya tetap terjaga sebaiknya pakai Cyclone Exhaust fan seperti yang terlihat pada gambar diatas, murah ko, cuma 125k lagi-lagi dilapak sebelah.
Sticker Spesifikasi

Kesimpulan :

Menurutku worted banget dengan harga 9,4 juta dapet laptop sekelas ASUS X450JN ini, performa mantap untuk segala macam aktifitas yang bisa dilakukan dengan komputer. Jaminan garansi hingga 2 tahun memberikan rasa nyaman tersendiri. Dan Buat kamu yang benar-benar lagi cari laptop, ini adalah salah satu produk yang sangat aku rekomendasiin ke kamu, jadi jangan ragu untuk memilih.

Oke lah.. makasih udah meluangkan waktu baca tulisanku tentang ASUS X450 JN ini, kalau ada yang baru nanti diupdate lagi tulisanya.

Posting ini diupdate tanggal 20 Januari 2017 dan update adalah tulisan yang berwarna merah.

Salam.

dede sutisna

Diehard fansnya Sheila on 7 dan Sum41, Blogger yang jarang posting, Masih suka nonton Doraemon dan penggemar game Fifa.

37 komentar:

  1. Mas, kalau upgrade ram garansinya hilang ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga, asal upgradenya di ASC langsung, gratis juga..

      Hapus
  2. mas, emang klo upgrade ram yang lama tetep dipake dan beli 1 aja yang corsair itu kenapa? jadi ga optimum kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mau pake yg lama ga ada masalah kok.. masalahnya ram itu ga ada yg identik klo beda merek.. dan ram itu fungsinya kaya tangan.. kalo pabrik pembuatnya sama hasilnya pasti lebih optimal..

      Hapus
  3. Mas Dede, klo misal upgrade ram nya tetep make yang existing (cuman tambah 1 pc ram 4gb corsair nya aja), itu gmna ya? apa kurang optimum apa dual channelnya jadi ga bisa? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga terlalu berasa klo penggunaan biasa, berasanya kalau misal pake program after effect yang pake ram gede, selisih beberapa detik kecepatan rederingnya.

      Hapus
  4. saya pake juga, tapi rasanya performa kecepatan ga maksimal ya, kadnag ada slow juga, misalnya pas booting dan yang fitur true 2 second on, saya pake win 10 pro juga, apa memang harus upgrade ram ya?
    kalo di situsnya kan seri ini ga bisa upgrade ram...

    BalasHapus
  5. Fitur 2 second itu mulainya dari posisi sleep. Program slom itu banyak macemnya. Diantaranya..
    1. Boot lama coba matiin program yg auto start.
    2. Rendering lama, coba defragment hardisk secara berkala atau liat penggunaan ramnya biasanya programa 64bit bisa pakai hingga 7gb kalau 32bit bisa 2-3gb.. kalau mentok berarti emang harus upgrade ram.
    3. Posisi normal lemot, coba cati cara optimalisasi win10.. misal matiin telemetry, auto update dsb.
    4. Secaa berkala tata registry windows misal pake Ccleaner atau yg lain.
    5. Buang ptogram yg jarang dipake.
    6. Perhatikan suhu lepi, keseringan kepasan dalam waktu lama juga bikin lemot.
    7.segitu aja dulu ya..

    BalasHapus
  6. Bro
    mau tanya sekaligus pastikan apakah slot module RAM ada 4 slot? apakah ke 4 slot tersebut bisa dipakai full, misalnya tiap slot pake memory 4G, sehingga jadi 16G? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas baru update slot ramnya setelah dibongkar cuma ada 2. Jdi kalu mau 16gb ya harus 8+8gb

      Hapus
    2. ok thx buat updatenya... mantap info'nya!

      Hapus
  7. thaank you mas reviewnyaa.. membantu saya buat ngertiin laptopku #ciegitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pacarnya dingertiin juga dong, biar ga ngerasa kesaing sama laptonya.. cieee...

      Hapus
  8. thaankyou mas reviewnya, membantu saya makin mengerti si laptop #ciegitu

    saya juga make x450jn, udah pernah ganti kipas di bulan 3/4, dan sekarang kipasnya mulai ngadat lagi, apa seri ini pnya masalah di kipas ? atau emang harus punya vacuum cooler gitu mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah punya saya sih sampe sekarang sudah hampir 2 tahun belum ada masalah sama kipas, bahkan masih kedenger seperti baru, masih senyap banget suaranya, mungkin penggunaanya yang terlalu lama dan kepanasan, atau memang hardware kipasnya yang bermasalah. kalau masih garansi ganti ke ASC gratis ko.. tapi dengan catan kipas sudah menimbulkan suara berisik, kalau masih berputar normal dan bersuara biasa saja ya paling sama mereka cuma dibongkar dan bersihin. oh iya.. perhatikan juga debu dilingkungan sekitar laptop karna itu berpengaruh besar merusak kipas.

      Hapus
  9. mas, mau tanya nih. aku juga pake x450jn, kalau ngecas adaptornya harus terpasang dulu ke laptop ya baru disambung ke stop kontak? aku agak bingung, soalnya laptop yang dulu ga harus gitu. takut ada yang error. thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, saya juga ga tau pastinya mana yang bener, tapi kebiasaan saya sih saya tiup dulu kabel konektor yang ke laptop terus saya colok dulu ke stop kontak listrik, baru abis itu saya colok ke laptop.. begitu mas

      Hapus
  10. mas, saya menggunakan series serupa dan seminggu yang lalu coba update dari windows 8 ke windows 10, setelah 2 hari pemakaian yang lancar dan aman, tiba tiba laptop tidak bisa digunakan dan tidak bisa masuk ke safe mode juga. setelah konsultasi dengan IT kantor, kemungkinan ada driver yang tidak cocok dengan windows 10, yaitu seperti yang disampaikan di atas adalah vga(nvidia) nya. solusinya bagaimana ya mas? lebih baik di windows 8 atau 10 ya? dan harus original kah? kalau mau windows 10, gimana caranya? thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau sudah terlanjur blank karna bentrok driver VGA ya ga ada cara lain harus diinsatal ulang windowsnya. Win10 jauh lebih bagus dilaptop ini ketimbang versi windows lain. Jgn lupa yg 64bit. Kalau masalah asli ya saya cuma rekomendasiin yg asli, kalau mau key bajakan ya terserah sampean.

      Hapus
  11. halo mas, sebelumnya saya tidak pernah membaca review tentang asus x40jn.
    saya menggunakan series serupa. 1 minggu yang lalu saya update windows dari 8 ke 10. 2 hari pemakaian lancar dan aman saja, masuk hari ke-3, laptop tidak bisa digunakan, bahkan tidak bisa masuk ke safe mode. setelah konsultasi dengan IT kantor dan diselidiki, kemungkinan ada driver yang tidak cocok apabila menggunakan windows 10. kalau baca dari review di atas, mungkin memang bener yaitu vga(nvidia) nya. dan disarankan menggunakan windows 8 saja. tapi setelah baca review di atas, ternyata bisa menggunakan windows 10. caranya bagaimana ya? apakah harus original windows yang digunakan? mohon solusi dan bantuannya. thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. driver mah download aja gan di asus websitenya

      Hapus
    2. Windows orinal itu hanya saran yg lebih baik.. bajakanpun tidak masalah.. karna basis kerjanya sama, untuk driver vga nvidia lebih baik langsung di download ke nvidianya langsung. Kalau sudah terlanjur blank hitam danntidak bisa diapa2in ya harus instal ulang.

      Hapus
  12. Mas, mau nanya laptop saya tiba tiba gak bisa ngisi pas dicarger padalah sebulum nya bisa, ini malah kalau di charger selalu 0 % kira kira bagaimana ya mas?

    BalasHapus
  13. Mas saya baca di beberapa situs ini laptop cuma bisa upgrade ram sampai 8GB doang,tapi mas ngasih saran bisa upgrade sampe 16GB,yg benar menurut mas gimana yah?saya mau update ram soalnya,mohon pencerahannya,hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang bisa sampe 16 gb ko upgradenya.. klo lebih kayanya mubazir deh.. karna prosessornya yang ga dukung. Jdi up sampe 16gb pilihan tepat

      Hapus
  14. Kalau upgrade ram jadi 4 tambah 8 giga bisa nggak mas?buat type seri ini?apa harus 4giga lagi,maksimal berapa ya mas buat laptop ini?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa up ram yg indentik semua-muanya.. 4+8 tidak masalah bisa2 aja.. tapi kalau 2-2 identik lebih maksimal kerjanya

      Hapus
  15. Bang, minta sarannya...sy mau up ram 4gb.tapi biar ram orinya kepake jd 4+4 kira2 yg merk ap? Bisa gak kyk gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ram orinya pake samsung, setau ane ga dijual. Saran sih pake corsair aja.

      Hapus
    2. Jadi ga cocok ya kalau ram ori+cosair?

      Hapus
    3. cocok-cocok aja.. yg penting tipenya sama..

      Hapus
  16. gan ane mau nambah ram kalo langsung pasang di toko kira2 gimana gan? soalnya mau beli ram terus pasang di ASC nnti takut ada problem soalnya ga pasang ditempat sayang duit

    BalasHapus
  17. ane mau nambah ram nih gan tp menurut agan mending beli terus pasang di tokonya apa beli terus pasang di ASC, soalnya laptop ane jg udh 2 tahun lebih jd garansi udh angus juga kayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bisa ya pasang sendiri.. klo ga bisa lebih aman pasang ditokonya paling nambah 20ribu..

      Hapus
  18. Mas boleh tanya gak biar lock ke 3.59 itu gimana punya saya udh w10 enterprise trus gimana? Punya saya tetep 2.6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake win 10 home atau pro aja. Trus pastiin proscie seri 4720gq bukan 4700/4710 trus di set ke performance mode di batre setting

      Hapus