Tips Aman Komputer

Kali ini tulisan saya tentang dunia komputer atau laptop dan saya rasa banyak dari kalian pengguna dari kedua piranti ini, keberadaannya sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, sekolah, kuliah atau untuk sekedar hiburan saja.



Sebelumnya saya disini hanya menuliskan apa yang sudah jadi pengalaman saya berkutat dengan dunia kumputerisasi, saya bukan teknisi, expert atau ahli komputerlainnya, Saya hanya pengguna dan sudah belajar menggunakan komputer dengan lebih baik dan aman.

Apa sih yang menguntungkan dari komputer? Jawabnnya banyak tapi bila ditanya Apa sih yang merugikan dan mengganggu saat bermain komputer? Jawabannya cuma VIRUS.

Yup.. Virus adalah hal yang paling menjengkelkan dari piranti ini, banyak masalah yang ditimbulkan, komputer kalian tidak akan nyaman lagi digunakan atau malah tidak bisa digunakan sama sekali sampai kalian menginstal ulang windows kalian, kalau dibiarkan terus menerus bisa merambat ke hardware kalian. Saya sudah bergulat dengan yang namanya virus ini dari tahun 2005 (newbie) sampai sekarang...

Diera sekarang memang sudah banyak antivirus dari yang biasa saja sampai yang paling handal dengan licensi harga yang luar biasa mahal.

Apakah antivirus bisa menyelesaikan semua masalah komputerisasi?, dengan pengalaman saya maka akan saya bilang TIDAK !!, justru dalam beberapa hal bisa memperburuk. 

Lho ko gitu? Yup.. Logikanya gini, misalkan virus sudah menginfeksi explorer.exe (windows explorer) pasti program tersebut langsung dihapus padahal itu program penting dan kalau itu tidak bekerja maka ucapkan salam pada windows anda.

Oh iya.. Sebelum lebih jauh pembahasannya saya mau bilang dulu ini di khususkan untuk pengguna Windows yah.. Untuk Macintosh nanti aja deh.. Dilain kesempatan.

Oke lanjut.. Hal seperti penggambaran saya diatas itu sering terjadi dan bisa pada program apapun.
Ini adalah beberapa masalah yang pernah saya alami karna virus (saya anggap kalian juga menggunakan komputer atau laptop yang sehat perangkatnya seperti ram, vga, mainboard dll.)

1. WINDOWS COMMAND PROSSESOR
yang jelas ini penyebannya virus kadang masih bisa diperbaiki kadang malah makin kacau.
2. NSIS.
waktu mau instal program baru keluar notifikasi seperti ini Nsis bla... bla.. bla.. Kebanyak masih bisa difix kalau instalernya diganti baru, tpi kalo abis download banyak trus ga bisa diinstal kan bisa bikin sewot.
3. BLUESCREEN
4. BLACKSCREEN
5. FONT JADI LOGO ANEH
6. PROGRAM TIDAK JALAN
7. 0xc00007b STOP WORKING
8. APP CRASH
9. TIDAK BISA UNINSTAL

Saran saya pakai perfect uninstaler. Topmarkotop
10. TIDAK BISA INSTAL PROGRAM

Dan masih banyak yang lainnya, cape ngetiknya kalau semuanya ditulis.

Nah inti dari semua yang saya tulis diatas adalah bagaimana caranya menggunakan komputer aman tanpa ganguan virus dan jauh-jauh dari yang namanya instal ulang.

Cara ini sudah saya pakai sampai sekarang dan saya akan Share pada kalian semua.
Berikut tips aman komputer ala saya.

1. INSTAL WINDOWS 7 64BIT

Kenapa harus win7 64bit? Jawabannya sederhana. Stabil, kuat, dan berjangka panjang. Sebelum lanjut saya tidak munafik yah ini untuk kalangan versi bajakan karna saya juga bagian dari pengguna versi bajakan, kalau kalian punya dana lebih ya lebih bagus pakai yang original, lebih aman tentunya, terjamin updatenya, dan bisa instal ulang tanpa harus kehilangan program.

Oke balik lagi, kalau spek PC kalian diatas core2duo 2,8ghz bisa pakai windows versi ini, tapi kalau dibawah ya 32bit saja. Untuk keterangan lebih lanjut bisa kalian cari di google. 

Atau kalian bisa pasang Windows 8, kalau saya masih kurang cocok dengan windows versi ini.

64bit itu berjangka panjang, maksudnya, kalau ada uang lebih kan bisa ditambain ram semaksimalnya ga kaya 32bit yang cuma mentok di 4gb yang terbaca malah kadang cuma 3,2gb. Dan program sekarangpun sudah banyak yang dikhususkan untik 64bit dan pastinya itu lebih cepat. 

Dan untuk unsur keamanan jelas 64bit lebih baik dari 32bit, karana penyebaran virus tidak makin meluas.

2. PASANG ANTIVIRUS

Nah ini dia nih masalahnya..Virus dan virus. jangan terjebak pada pemilihan antivirus yang terbaik, karna yang terbaik tidak semuanya baik untuk PC. saya sudah kasih gambarannya diatas. mau kalian pasang Smadav atau Bitdefender sekalipun buat saya tidak jadi masalah karna itu hanya pelindung dan hampir dipastikan semuanya berfungsi sama. yang terpenting buat saya adalah antivirus yang selalu diupdate karna ini penting untuk memperbaharui database antivirus itu sendiri. so.. apapun pilihan antivirus kalian itu adalah baik bagi saya yang terpenting adalah jangan lupa untuk selalu diupdate.

Jujur saja antivirus yang saya pasang hanya Smadav (buatan lokal) (tapi saya bukan tim promosi smadav ya.. hanya user biasa saja) tapi saya pakai yang versi berbayar, murah ko cuma 30k. 

Kenapa saya pilih Smadav ketimbang yang lain yang lebih bagus? alasanya sederhana, SMADAV RAMAH PERMAKAIAN maksudnya gini, jujur lagi nih semua program yang ada di PC saya itu bajakan dari hasil download atau beli kasetnya, nah.. karna semuanya bajakan pastinya berkaitan erat dengan yang namanya Crack dan Patch File. Kalau antivirus yang bagus pasti dianggapnya semua file itu Virus dan membahayakan. padahal saya bilang tidak 100% seperti itu, yang sudah terinfeksi memang membahayakan tapi yang belum atau instalernya di DVD sudah jelas aman.

ayo kalian ngaku saja Office kalian asli ga? Adobe kalian asli ga?  dan masih banyak yang lain.. apalagi saya.. saya juga seorang gamer meski biasa aja dan pasti banyak instal game di PC saya, dan yang versi bajakan akan selalu jadi musuh antivirus yang bagus tapi kalau pakai Smadav kita bisa kontrol keamannya. Tapi jangan lupa Smadav juga harus selalu Update yah...

Saya sendiri kurang paham jenis-jenis Virus itu seperti apa, mungkin kalian bisa cari diartikel yang lain untuk keterangan lebih lanjutnya. yang saya tau selagi komputer saya aman dan nyaman dipakai saya tidak perduli itu virus apa. 

3. BUAT RECOVERY SYSTEM

Sebetulnya cara ini sudah otomatis ada pada setting windows tapi beberapa virus mampu menghapus recovery yang dibuat secara otomatis jadi lebih baik kalau recovery dibuat secara manual. Caranya mudah banyak bertebaran artikel seperti ini di google, saya tidak perlu ajarkan lagi yah..
diantara semuanya ini adalah yang paling penting, Kenapa? karna system recovery bisa mengembalikan 98% kondisi komputer kita ke-keadaan sebelum Error (apapun penyebannya, kecuali hardware ya..) dan sudah saya pastikan berhasil. 

Kalian hanya perlu menyisakan sekitar 10 gb di hardisk kalian untuk membuat recovey seperti ini, waktu pembuatan recoverynya saat komputer kalian dalam kondisi 100% sehat. Saya sarankan dari awal pas instal ulang. setiap program yang kalin curigai keamannya sebaiknya sebelum meninstal dibuat dulu recovery systemnya jadi kalau error bisa dikembalikan lagi seperti semuanya, bagaimana cara melakukannya? artikel ini juga banyak bertebaran di google, (maaf saya tidak post disni karna tidak mau copas dari blog tetangga, kalian cari sendiri saja)

Semakin sering kalian membuat sytem recovery makan semakin baik untuk pengamannya. dan cara ini akan menjauhkan kalian dari yang namnya instal ulang.


4. MAKSIMALKAN KINERJA WINDOWS

Banyak cara untuk meningkatkan kinerja windows, pembahasannyapun sudah berseliweran dimana-mana, contoh caranya adalah merapikan dan membersihkan registry secara berkala, mendefragment hardisk paling tidak 1 bulan sekali, matikan beberapa services yang tidak terpakai, boleh tweak registry atau tidak untuk mempercepat booting dan shutdown windows, uninstal program yang tidak dipakai, dan yang paling penting adalah JANGAN PERNAH SIMPAN PROGRAM INSTALER DI PC saran saya simpan saja di flashdisk khusus atau hardisk eksternal atau bisa diburning ke DVD, (sebelum menyimpan ada baiknya semuanya di confert dahulu dalam bentuk .RAR, untuk menjaga keamannya) karna program instaler berformat (.exe) sangat mudah terinfeksi virus dan akan menyebar dalam system.

Kalau kalian punya koleksi software yang sudah usang lebih baik diganti saja dengan yang lebih baru. Ingat ! Jangan memaksakan software yang tidak bisa diinstal karna kemungkinan itu sudah terinfeksi Virus.

5. BERSIHKAN PC ATAU LAPTOP KALIAN

Kalau laptop susah kali yah dibersihinnya tapi kalau PC masih bisalah, ya.. paling tidak setahun 2 kali kalian bongkar PC kalian, bersihkan semuanya dari debu yang hinggap, dari heatsink, ram, hardisk, vga dan casingnnya. Cek juga kenerja dari masing-masing perangkat tersebut biasanya vga dan ram yang paling cepat mengalami kerusakan. Kalau komputer kalian sudah bebas debu dan tidak ada hardware yang rusak pasti kinerjanyapun sedikit meningkat.

Yup... sesederhanya 5 cara diatas adalah cara saya bermain kompuer dengan aman dan nyaman. tanpa perlu khawatir data yang hilang atau program yang hilang karna masalah virus atau yang lain.

Sampai kapanpun yang namanya program pasti ada masalahnya, Selebihnya kenali komputer kalian, program apa saja yang ramah dan tidak untuk diinstal, cari solusi diinternet adalah usaha yang baik ketimbang harus bolak-balik ke toko servise komputer untuk sekedar memperbaiki windows.

Awali setting windows dengan baik, pergunakan dengan semestinya, dan Enjoy di depan PC atau laptop kalian.

Menyikapi masalh pembajakan, Saya tau saya salah, dan mau bagai mana lagi, bayangkan saja kalau semua yang ada di PC atau laptop kalian itu programnya original kira-kira butuh berapa puluh juta untuk untuk bermain komputer atau menginstal game?? sekali lagi saya tidak membenarkan pembajakan tapi saya rasa saya sama seperti 90% pengguna PC didunia yang pakai versi bajakan. kalau memang kalian merasa punya banyak uang untuk beli program versi yang asli itu jauh lebih bagus.

Sekian pembahasan saya tentang komputerisasi, semoga pengalaman saya bisa bermanfaat untuk kalian semua, silahkan koreksi bila saya ada kesalahan (dengan nada dan bahasa yang baik tentunya) bilamana ada yang kurang nanti saya revisi kembali.

Berikut Video PC yang sudah aku buat, tapi sudah tidak pakai Smadav



Terimakasih Sudah Membaca.


dede sutisna

Diehard fansnya Sheila on 7 dan Sum41, Blogger yang jarang posting, Masih suka nonton Doraemon dan penggemar game Fifa.

2 komentar:

  1. wah terimakasih sekali, info nya sangat bermanfaat, tapi saya lebih nyaman ga pake antivirus apapun karna saya pake win 8.1 bajakan ya cukup pake windows defendernya saja, lagian laptop saya hanya di gunakan untuk membuat website hehe. trims

    BalasHapus
  2. oke gan sama-sama.. tanpa antivirus pun ga jadi masalah, di win8.1 sudah ada antivirusnya sendiri.. otomatis windows.

    BalasHapus