Tips Menghemat Baterai Laptop

Saya bukan orang yang Expert dibidang perkomputerisasian, tapi kalau saya punya hal untuk dibagi pasti akan saya bagi pada yang lain, bahkan hal remeh temeh seperti inipun bisa jadi informasi bagi yang belum tau.

Oke langsung aja, saya pengguna laptop Asus, pastinya pengen kalau laptopnya bisa dipake lama, mungkin kalau kamu pake seri ultrabook yang tipis-tipis itu pasti batrenya bisa dipake 6-8 jam, tapi kalau kamu pengguna laptop seri mainstream seperti saya yang cuma X450Jn ini pasti aga ada malah di daya tahan baterai, ya paling laptop bisa di pake dikisaran waktu 1,5-2,5 jam aja. Apalagi bila diinstal Wndows 10 yang konon kabarnya butuh energi lebih tinggi dibanding seri windows yang lain.

Tips ini jujur bukan buat mayoritas pengguna laptop, tapi pada dasarnya tekniknya sama dan bisa diaplikasikan kesemua laptop tapi bukan Macbook yaa..

Yang perlu kamu siapain adalah programnya.


Kamu bisa download diweb asusnya langsung, dan cari sesuai tipe laptop kamu dan kalau untuk tipe laptop kamu tidak ada, bisa pakai tipe laptop diatasnya. Setelah didownload lalu instal seperti biasa.

Selanjutnya pilih opsi Power Saving Energi, dan musuk ke tab Advance Setting dan tampilannya seperti gambar dibawah.


Setting seperti gambar diatas atau bisa disesuaikan selera, dan jangan set terlalu kecil juga, nanti kesannya laptopnya lemot. Sepertinya setting diatas yang paling pas.

Dan hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah.

Speed proscie aslinya 2,6 Ghz tapi setelah dibatasi maksimal hanya 0,86Ghz

Tujuannya Program dan setting atas adalah untuk mereduksi kinerja prosesor saat tidak pakai Charger dan power yang diberikan pada prosesor akan dibatasi. dengan kata lain semakin kinerja prosesor dibatasi maka konsumsi power juga akan terbatasi dan akan membuat daya tahan baterai jadi lebih lama. Tapi tenang aja, setting yang udah dibuat jadi 40% diatas masih kuat ko buat browsing, edit pake photoshop, atau office, ya kalau mau edit video resolisi 720 aja sih masih kuat tapi diatas itu haru diset ke normal aja biar performanya maksimal.

Dan foto dibawah menjelaskan prosesor akan berubah otomatis saat saat charger dihubungkan

Posisi Power On, speed proscie kemabli maksimal.
Dan setelah semuanya dicek sudah sesuai, maka saya pastikan daya tahan laptop kamu pasti meningkat, sedikit atau banyak juga tergantung dari kondisi kesehatan baterainya itu sendiri.
Sebetulnya banyak langkah yang lain untuk menghemat daya baterai, misal,
  1. Matiin aplikasi auto start yang gak penting, 
  2. Matiin program yang berjalan dilatar belakang yang ga penting.
  3. Set Brightness ke 0 kalau masih nyaman.
  4. Defrag HDD secara berkala sesuai kebutuhan.
  5. Kalau memungkinkan dananya bisa upgrade ke SSD
  6. Pergunakan antivirus yang gak terlalu berat dan scaning sesuai scedule.
  7. Perhatikan suhu laptop jangan sampai saluran udara tersumbat.
Kalau semua cara diatas bisa diaplikasikan dengan baik maka baterai laptop kalian selain awet maka penggunaanya bakan lebih tahan lama.


Gambar diatas adalah indikator Baterai laptop saya, yang awalnya hanya bisa dipakai maksimal 2,5 jam dan sekarang untuk produktifitas seperti yang saya bilang diatas bisa dipakai paling tidak 4 jam sambil denger musik.

Tambahan, Tips untuk prilaku Charging laptop, sebaiknya kalau memungkinkan laptop saat digunakan sebaiknya sambil di charge, jangan takut bisa merusak baterai, karna laptop sudah dilengkapi dengan fitur autocut kecuali kalau laptop kamu jadulnya keterlaluan.

Sekian info yang bisa saya bagi, semoga info yang remeh temeh ini bisa bermanfaat dan kalau ada yang mau ditanyakan bisa dikolom komentar.

Terimakasih.

dede sutisna

Diehard fansnya Sheila on 7 dan Sum41, Blogger yang jarang posting, Masih suka nonton Doraemon dan penggemar game Fifa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar