Jenis-Jenis Tetangga

Tetangga Alien

Kamu udah tau kan hal yang harus kamu lakukan ketika pindah rumah. Salah satunya adalah berkenalan dengan para tetangga baru. Sebagai makhluk sosial yang sekarang udah mulai ga sosial-sosial banget karna kebanyakan maen di situs jejaring sosial, kamu sebaiknya mengenali siapa saja yang tinggal di sekitar kamu. Tapi namanya juga manusia, pasti sifatnya berbeda-beda. Nah kali ini aku mau share seperti apa sifat-sifat para tetangga berdasarkan pengalaman pribadi aja jadi anak kost. Biar kamu gak kaget gitu di lingkungan baru.

1. Tetangga Normal
jenis tetangga yang ini adalah yang paling banyak kita temui dimanapun kamu tinggal. Ya normal aja gitu orangnya. Tiap pagi keluar rumah cari sarapan atau belanja sayur untuk diolah. Beberapa jam kemudian berangkat kerja, sorenya pulang kerja. Kalau ketemu kamu senyum dan menyapa seperlunya. Ya normal aja sih. Gak yang aneh aneh.

2. Tetangga Ramah
Kalau tetangga yang ini lebih ramah dari pada tetangga normal yang tadi. Orangnya lebih sering senyum ke kamu dan lebih sering menyapa kamu. Biasanya kamu bakal disapa “Mau kemana mas?” Atau ketika kamu pulang agak pagi dia akan nyapa juga “Habis pulang dugem ya mas?”Padahal kamu baru pulang kantor karena dapet giliran shift malam. Enak juga sih kalo dapet tetangga yang ramah kayak gini, berasa ada yang care gitu sama kita. Asalkan jangan terlalu ramah aja, karena nanti jatuhnya jadi…

3. Tetangga Kepo
Tetangga yang satu ini banyak nanya karena dia kepo aja. Banyak hal yang dia tanyain bahkan yang seharusnya dia gak perlu tau. Waktu kamu baru pindah aja dia udah nanyain macem-macem, kayak: kamu namanya siapa? umurnya berapa? lulusan apa? sekolah/kuliah di mana? anaknya bapak siapa? sebelumnya tinggal di mana? udah nikah apa belum? anaknya udah berapa? sebulan gajinya berapa? kenapa kok pindah? emang ditempat sebelumnya hamilin anak orang ya? kamu udah punya pacar belum? kenapa putus sama pacar sebelumnya?
Tuh kan gak enak banget. Seolah-olah dia telah menjajah privasi kamu. Padahal dia RT juga bukan, masih aja kebanyakan nanya. Kalau menghadapi tetangga seperti ini gak perlu emosi. Kamu cukup mengeluarkan jurus ampuh ala Dede Sutisna “Iisshh... jangan terlalu kepo, ntar naksir lhoo” kalo cowo??

4. Tetangga Sombong
Jika tadi tetangga kepo kebanyakan nanya, yang ini kebalikannya, sombong banget. Boro-boro mau nanya atau ditanyain. Saat kamu lewat di depan dia, kamu udah berusaha senyum, eh dianya malah buang muka. Ya kali mukanya udah gak kepake, jadi dibuang-buang gitu. Biasanya kalau tetangga sombong kayak gini dia berada di tingkat ekonomi atau jabatan yang lebih baik dari pada kamu. Jadi dia memandang kamu seperti butiran debu. Padahal dia tanpa kamu, butiran debu juga. Ahak ahak ahak...

5. Tetangga Sibuk
Kalau tadi tetangga sombong emang udah sifatnya kayak gitu, kali ini tetangga sibuk yang juga jarang ngobrol sama kamu karena memang dia sangat sibuk. Berangkat kerjanya sebelum subuh, terus dia pulang kerjanya bisa-bisa setelah subuh. Maksudnya ya lebih dari 24 jam gitu kerjanya. Dia sih pengen ngobrol dan kumpul-kumpul bareng kamu. Tapi gimana, waktu luang dia emang sedikit. Waktu dia baru nyamperin kamu aja, hp nya sering bunyi. Terus dia pamit “Eh sorry ya, saya harus pergi dulu buat take iklan Fatigon Spirit” jiaaaaahhhh.....

6. Tetangga Hot
Nah ini dia tipe tetangga yang kamu-kamu semua favoritkan. Tetangga yang hot. Aku juga pernah ngalamin ini sendiri, pokoknya wah deh ga bisa jelasin.. moment yang paling diinget sih kalo pas lagi jemur pakaian biasanya tetangga yang hot ini cuma pakai bra dan handuk... tuh kan udah mulai pada ngebayangin... di skip ahhh, lanjut...

7. Tetangga Jail
Tetangga yang satu ini sering bikin kamu kesel dan naik darah. Gimana nggak, saat enak-enaknya kamu tidur, dia nyalain mercon di samping rumah kamu. Udah gitu setiap ketemu dia pasang tampang gak berdosa gitu. Seolah-olah semalem nggak terjadi apa-apa. Pernah suatu saat setelah kamu pulang dari bekerja, kamu menemui tulisan “DIJUAL” pada pagar rumah kamu. Dan kamu udah bisa nebak siapa pelakunya. Jangan dikira kamu menemukan tetangga seperti ini hanya dalam film-film aja. Di dunia nyata ini beneran ada lho tetangga kayak gini. Makanya sebelum kamu beli rumah, kamu harus waspada sama lingkungan sekitarnya. 

8. Tetangga Mesra
Kalau jenis tetangga yang ini sih emang awalnya terlihat menyenangkan untuk dilihat. Yang cowok ganteng dan charming, yang cewek cantik dan gwiyomi gitu. Kemanapun mereka pergi, mereka selalu bergandengan tangan, atau kadang tangan cowoknya berada pada pundak ceweknya. Pokoknya selalu terlihat penuh cinta gitu deh. Tapi lama kelamaan, semakin sering kamu melihat mereka, semakin kamu menyadari bahwa di dunia ini kamu cuma sendiri. Kamu masih jomblo. Emang sih kamu bisa ngeles bahwa kamu itu single, bukan jomblo. Tapi ya tetep aja kamu itu sendiri. Makanya piara-piara kucing gitu kek biar gak kesepian.

9. Tetangga Ringan Tangan
Ringan tangan itu sebenernya bisa diartiin dua macam sih. Ringan tangan suka menolong atau ringan tangan suka memukul. Terus yang mana dong?? Ya dua-duanya bisa jadi tetangga kamu. Kalau pas dapetnya tetangga yang suka menolong sih enak. Rumah kamu bocor, dia nolongin benerin genteng kamu. Sofa kamu patah karena semalem habis kamu gunakan untuk maen gulat-gulatan, dia mau bantuin benerin. Udah gitu dia gak minta imbalan. Tinggal kamunya aja pengertian apa enggak. Kalau kamu pengertian, ya seenggaknya kamu bisa kasih dia rokok ata apa gitu.
Tapi kalo kamu dapet tetangga yang suka mukul, bakalan ribet deh. Minimal kamu bakal sering denger dia sama istrinya bertengkar, kursi dibanting, suara orang digampar, sampai istrinya nangis semalaman. Terus siangnya dia masih kebawa emosi, kalo ketemu orang bawaannya pengen mukul mulu. Kamu pun memberanikan diri melawan dia karena sudah jengah dengan kelakuan tetangga kamu yang satu ini. Dengan gagah berani kamu menantang dia sebab kamu merasa kamu punya sabuk hitam. Saat kalian saling beradu tatapan untuk menjatuhkan mental lawan, kamu baru sadar kalau sabuk hitam kamu itu adalah sabuk kulit KW2 yang biasa kamu gunakan kalo kamu mau sekolah dulu. Jadi bukan sabuk bela diri gitu. Haha.. (pasang muka panik trus kabooeeerrr...)

10. Tetangga Diem
Jenis tetangga diem ini beda sama tetangga sombong. Kalau yang ini emang sifatnya diem aja gitu. Kalau kamu tanya aja dia baru bakal ngomong. Itupun jawabannya singkat-singkat, agak-agak misterius gitu. Biasanya dia sering melihat orang yang lalu lalang di daerah situ, tapi ya gitu, dia cuma diem aja. Kamu yang merasa penasaran sama orang yang satu ini, kemudian mencari informasi kepada tetangga-tetangga yang lain. Anehnya, tidak ada satu pun tetangga kamu yang kenal sama orang itu, bahkan belum pernah ada yang merasa melihatnya. Cuma kamu aja. Setelah kamu ingat-ingat, kamu juga tidak tau di mana rumah orang itu. Nah loo...

11. Tetangga Ular
Jenis tetangga yang satu ini sangat digemari anak-anak kecil. Apalagi di waktu luang banyak anak kecil main-main sama tetangga ular ini. Aku tebak kamupun pernah bermain dengan tetangga ular ini. Kalau belum, sini aku kasih tau. Bentuknya kayak gini nih.


Banyak macemnya yah ternyata tetangga kita, ya apapun itu yang jelas hiduplah bertetangga yang baik karna kebaikan hidup kita dimulai dari diri sendiri dan orang sekitar.

Nah itu beberapa tipe tetangga yang aku tau, kalau kamu mau tambahin boleh dikolom komentar.

dede sutisna

Diehard fansnya Sheila on 7 dan Sum41, Blogger yang jarang posting, Masih suka nonton Doraemon dan penggemar game Fifa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar